Antara Kecil dan Non Kecil dengan Pemilihan Langsung/Pelelangan Sederhana dan Pelelangan Umum pada Perpres 70 tahun 2012

28 Nov

Kita kadang melupakan beberapa hal yang kurang kita perhatikan atau kita terlalu terfokus pada aturan sebelumnya, sehingga kita beranggapan proses pemilihan penyedia untuk Pemilihan Langsung/Pelelangan Sederhana untuk Usaha Kecil dan Pelelangan Umum untuk Usaha Non Kecil. Mari kita memulai dengan kategori Usaha Kecil dan Non Kecil berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 yang terakhir diubah dengan Perpres 70 tahun 2012 pasal 100 ayat 3 : “Nilai paket pekerjaan Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya sampai dengan Rp 2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta rupiah), diperuntukan bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta koperasi kecil, kecuali untuk paket pekerjaan yang menuntut kompetensi teknis yang tidak dapat dipenuhi oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta koperasi kecil”. Selanjutnya mari kita perhatikan Pemilihan Langsung/Pelelangan Sederhana berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 yang terakhir diubah dengan Perpres 70 tahun 2012 pasal 37 ayat 1 : “Pengadaan pekerjaan yang tidak  kompleks dan bernilai paling tinggi Rp5.000.000.000,00 (lima  milyar  rupiah) dapat dilakukan dengan : a. Pelelangan Sederhana untuk Pengadaan Barang/Jasa Lainnya; atau b. Pemilihan  Langsung   untuk   Pengadaan  Pekerjaan Konstruksi”.

Ulasan kita ini memang sangat sederhana nyaris tidak pernah dipedulikan, tetapi kenyataannya ada pokja ULP khilaf dalam mengartikannya, sehingga terjadi kekhilafan dalam pengumuman pelelangan, semoga kita semakin teliti dalam mengartikan banyak hal pada Perpres 54 tahun 2010 yang terakhir diubah dengan Perpres 70 tahun 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: