e-purchasing

19 Mei

e-purchasing adalah tata cara pembelian Barang/Jasa melalui sistem katalog elektronik. Proses pengadaan barang/jasa melalui e-purchasing berpedoman pada Perpres 54 tahun 2010 yang terakhir diubah dengan Perpres 70 tahun 2012 pasal 110 dimana isinya sebagai berikut :
Ayat (1) Dalam rangka  E-Purchasing, sistem  katalog elektronik (E-Catalogue)  sekurang-kurangnya   memuat   informasi teknis dan harga Barang/Jasa.
Ayat (2) Sistem katalog elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan oleh LKPP.
Ayat (2a) Barang/Jasa yang dicantumkan dalam katalog elektronik ditetapkan oleh Kepala LKPP.
Ayat (3) Dalam  rangka  pengelolaan  sistem  katalog  elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1),  LKPP melaksanakan Kontrak Payung dengan Penyedia Barang/Jasa untuk Barang/Jasa tertentu.
Ayat (4) K/L/D/I melakukan E-Purchasing terhadap barang/jasa yang sudah dimuat dalam sistem katalog elektronik.
Penjelasan pasal 110 :
Ayat (1) – E-Purchasing diselenggarakan dengan tujuan:
a. terciptanya proses Pemilihan Barang/Jasa secara langsung melalui sistem catalog elektronik (E-Catalogue) sehingga memungkinkan semua ULP/ Pejabat  Pengadaan  dapat  memilih  Barang/Jasa pada pilihan terbaik; dan
b.  efisiensi biaya  dan  waktu  proses  Pemilihan Barang/ Jasa dari  sisi  Penyedia Barang/Jasa   dan  Pengguna Barang/Jasa.
Ayat (2a) – Barang/Jasa  yang dapat  dimasukkan  ke dalam  katalog adalah barang/jasa yang sudah tersedia dan sudah terjadi kompetisi di  pasar,  antara lain kendaraan bermotor, alat berat, peralatan IT, alat kesehatan, obat-obatan, sewa penginapan/hotel/ruang rapat, tiket pesawat terbang, dan pengadaan benih.
Ayat (3) – Berdasarkan Kontrak  Payung (framework  contract), LKPP menayangkan daftar barang beserta spesifikasi dan harganya pada  sistem  katalog elektronik  dengan  alamat http://www.e-katalog.lkpp.go.id.

Untuk lebih jelasnya coba lihat materi e-purchasing dari LKPP ini : E-Purchasing
dan panduan aplikasi e-purchasing untuk PPK, pokja ULP dan Penyedia dapat diunduh di situs e-katalog (http://www.e-katalog.lkpp.go.id) pada bagian kenderaan untuk kenderaan bermotor, pada bagian obat untuk obat, pada bagian alkes untuk alkes, pada bagian peralatan berat untuk alat berat dan seterusnya yaitu pada menu cara pembelian. Sebagai contoh panduan e-purchasing pada pengadaan alat berat dapat diunduh di http://e-katalog.lkpp.go.id/e-katalog-alatberat/index.php/data/panduan

11 Tanggapan to “e-purchasing”

  1. ingin tahu Mei 21, 2014 pada 11:51 am #

    Bila pengadaan dengan e-purchasing dengan nilai HPS dibawah Rp 200 juta, diproses Pejabat Pengadaan atau Kelompok Kerja ULP?
    Terima Kasih.

    • khalik nst Mei 21, 2014 pada 12:28 pm #

      Bila kita anggap penunjukan langsung, maka tidak boleh diproses Pejabat Pengadaan, baca “Bolehkah pokja ULP melaksanakan proses Pengadaan Langsung dan Pejabat Pengadaan melaksanakan proses Penunjukan Langsung?” pada https://khaliknst.wordpress.com/2013/03/17/bolehkah-pokja-ulp-melaksanakan-proses-pengadaan-langsung-dan-pejabat-pengadaan-melaksanakan-proses-penunjukan-langsung/, tetapi coba baca penjelasan pasal 110 di atas, ternyata boleh, sedangkan panduan penggunaan aplikasi e-purchasing yang tersedia hanya untuk PPK, Panitia, dan Penyedia, pada petunjuk untuk Panitia tidak dijelaskan apakah bisa untuk Pejabat Pengadaan, yang sudah pasti istilah panitia identik dengan pokja ULP.
      Selanjutnya hubungi admin pada LPSE, apakah bisa diberikan user ID dan password pada Pejabat Pengadaan.

      • handoko April 16, 2015 pada 1:49 pm #

        sekarang kayanya semua untuk e catalog pake pejabat pengadaan, klo ngak salah mengartikan maksudnya, mohon pencerahannya

      • khalik nst April 16, 2015 pada 2:21 pm #

        200 juta kebawah oleh pejabat pengadaan.

  2. pemula Juni 1, 2014 pada 6:25 am #

    Bila ada barang yang tercantum didalam e-katalog, dengan nilai HPS dibawah 200 juta, bolehkah proses dilakukan dengan pengadaan langsung? Karena prosesnya lebih cepat, kami membutuhkan barang tersebut dengan cepat. Mohon solusinya.

    • khalik nst Juni 1, 2014 pada 7:19 am #

      Menurut kami boleh saja, dengan syarat harganya tidak boleh melebihi harga dalam e-katalog, harga barang harus dibawah harga e-katalog atau maksimal sama dengan harga e-katalog.

  3. jack Juni 7, 2014 pada 4:59 pm #

    @pemula : mengapa harus diproses dengan pengadaan langsung? proses e-purchasing pun cepat prosesnya.

  4. pemula Juni 8, 2014 pada 3:37 pm #

    Sdr. Jack, itu tergantung jenis belanja yang kita lakukan. Terima kasih atas sarannya.

  5. Cek Gu Juni 10, 2014 pada 3:13 pm #

    Untuk e purchasing pada pengadaan buku kurikulum tahun 2013 dapat dibaca Peraturan Kepala LKPP no. 10 tahun 2014 yang bisa didownload disitus LKPP http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/2603 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 34 tahun 2014 yang bisa didownload https://e-katalog.lkpp.go.id/e-katalog-buku/ .

  6. agus abdullah Agustus 22, 2016 pada 6:53 am #

    Assalamu alikum pak ahmad…
    dari Luwu Timur Sulawesi Selatan :
    terkait dengan proses e-phurchasing genset dengan penyedia PT. Krisbow Indonesia, dalam katalok hanya tersedia harga genset dan biaya deliverinya
    untuk biaya pemasangan dan materia pendukung lainnya (kabel, Kontrol panel) tidak termasuk dalam katalok
    pertanyaannya :
    apakah boleh dilakukan proses jika dalam surat pesanan genset dan deliverinya sedangan biaya pemasangan dan material pendukung lainnya dicantumkan dalam negosiasi (ada dalam riwayat negosiasi) dan dalam SPK dirincikan :
    – genset dan deliverinya
    – biaya instalsi dan material pendukung lainnya

    Mogon pencerahan…terima kasih

    • khalik nst Agustus 22, 2016 pada 7:35 am #

      Pemasangannya di SPK kan aja pak. Dipisahkan dgn pembelian gensetnya. Kecuali PT. Krisbow Indonesia setuju dgn solusi yang bapak tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: